Faisal Basri: Jokowi-JK Sukses Hadirkan Stabilitas Makro Ekonomi

SALAH satu keberhasipan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang tidak dapat dipungkiri yakni terciptanya stabilitas makro ekonomi. Hal itu diungkapkan oleh Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri dalam acara Orasi Kebudayaan Kampanye Ekonomi 2019.

Faisal menyatakan, pertumbuhan ekonomi berlangsung secara berkesinambungan pada kisaran 5%. Selain itu, tingkat inflasi dan suku bunga juga terkendali.

Bersamaan dengan itu, selama ada pertumbuhan ekonomi dan inflasi terkendali, maka daya beli masyarakat terpelihara dan penduduk miskin terus berkurang.

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” kata Faisal.

Dirinya menuturkan, selama pemerintahan Jokowi, masyarakat merayakan Idul Fitri tanpa dihantui lonjakan harga barang-barang kebutuhan pokok.

“Mereka yang mengatakan daya beli masyarakat Indonesia merosot, mungkin kurang cermat mempelajari teori ekonomi, atau sengaja mengabaikannya,” ujar Faisal.

Dirinya mengungkapkan, berdasarkan fakta lapangan justru harga BBM turun, tarif listrik juga hampir empat tahun tidak naik, serta tarif angkutan rakyat tidak pernah sekalipun dinaikkan.

Selain itu, harga kebutuhan pokok pangan seperti beras, gula pasir, dan minyak goreng diawasi ketat oleh “polisi pasar” (Satgas Mafia Pangan) yang dikomandani jenderal polisi berbintang satu.

“Tak pelak lagi, laju inflasi relatif rendah bertahan paling lama sepanjang sejarah. Terlepas dari cara pemerintah mengendalikan inflasi, fakta kasat mata menunjukkan tidak ada lonjakan kenaikan harga kebutuhan pokok,” tutur Faisal.

Dirinya menilai, yang kini ramai diperbincangkan oleh kubu penantang terkait kenaikan harga mencekam yang digaungkan oleh kaum ibu merupakan tindakan yang tak berdasarkan fakta lapangan.

Pasalnya, keberhasilan pada pemerintahan Jokowi yakni terlihat dalam stabilnya makroekonomi.

“Stabilitas makroekonomi merupakan prasyarat untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkualitas, dan berkelanjutan,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top