Mendagri Ajak Pol PP Jaga Persatuan dan Kesatuan dan Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila

Bupati Manggarai,Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H menjadi inspektur upacara (Irup) HUT Pol PP Ke-69, Linmas Ke-57 dan Damkar Ke-100 Tingkat Provinsi NTT di Lapangan Motang Rua, Ruteng, Rabu (10/4/2019) pagi.

HUT Pol PP, Linmas dan Damkar di Kota Ruteng dihadiri Asisten I Setda NTT, Drs. Jamal Ahmad, Wabup Manggarai, Drs. Victor Madur, Wabup Manggarai Timur (Matim), Drs. Jaghur Stefanus, Dandim 1612 Manggarai, Letkol.Inf. Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos, Kapolres Manggarai, AKBP Clifffry Steiny Lapian, SIK, Para Kasat Pol PP Se-NTT, anggota DPRD NTT, Pimpinan OPD Manggarai dan ASN Manggarai.

Upacara dalam rangka memperingati HUT Pol PP, Linmas dan Damkar Tingkat Provinsi NTT di Ruteng, Kabupaten Manggarai ini mengangkat tema “Peningkatan Ketentraman, Ketertiban Umum Dan Perlindungan Masyarakat Melalui Optimalisasi Peran Pemadam Kebakaran, Satpol-PP Dan Satlinmas Guna Menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019”.

Peserta upacara yang hadir dalam HUT Pol PP, Linmas dan Damkar yakni anggota Kodim 1612 Manggarai, Brimob Ruteng, Polres Manggarai, anggota Pol PP, Korpri, Siswa SMA dan anggota Pramuka.

Pada peringatan HUT Pol PP, Linmas dan Damkar di Manggarai, Bupati Kamelus membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo.

Kumolo mengajak anggota Pol PP meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dan menjunjung tinggi ideologi Pancasila dan Pol PP harus menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

“Peran penting Pol PP, Linmas dan Damkar tercermin dari tugas dan tanggung jawab.Tugas Damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penangananan bahan berbahaya beracun kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Tugas Pol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Tugas linmas dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana,ikut serta memelihara Ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara,” kata Kumolo.

Kumolo meminta seluruh aparatur pemerintah dan komponen bangsa lainnya mempunyai kewajiban untuk mensukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019.

Setelah upacara, Bupati Kamelus didampingi Asisten I Setda NTT serta Forkompinda
Manggarai menyerahkan panji Pol PP kepada Kepala Pol PP Sumba Barat untuk menjadi tuan rumah HUT Pol PP tahun 2020.

Dalam HUT Pol PP, Linmas dan Damkar ada atraksi beladiri dan taekwondo bimbingan Pol PP Manggarai



Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Mendagri Ajak Pol PP Jaga Persatuan dan Kesatuan dan Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila, http://kupang.tribunnews.com/2019/04/10/mendagri-ajak-pol-pp-jaga-persatuan-dan-kesatuan-dan-menjunjung-tinggi-ideologi-pancasila.
Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *