PIKI Serukan Elemen Bangsa Jaga Kerukunan

Jakarta, Beritasatu.com – Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) menyerukan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan memelihara persatuan bangsa.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama menjaga kerukunan bangsa dan persatuan Indonesia dalam harmoni hubungan antar warga bangsa dengan meneguhkan ideologi Pancasila dan mengokohkan Bhinneka Tunggal Ika, Sumpah Pemuda, konstitusi UUD 1945 serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar ketua umum PIKI, Baktinendra Prawiro, melalui siaran pers yang diterima, Sabtu (25/5/2019).

Baktinendra mengatakan, pelaksanaan pemilu yang jujur, adil dan damai merupakan bagian integral pengamalan Pancasila. Untuk itu, setiap terjadi sengketa pemilu  telah disepakati untuk diselesaikan melalui mekanisme hukum sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

PIKI menyayangkan dan prihatin atas terjadinya kerusakan yang merugikan, bahkan adanya korban meninggal. Aparat Keamanan diimbau untuk terus memastikan tugas dan kewajibannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan segenap warga negara Indonesia dan menindak dengan tegas setiap pelanggar hukum, sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dengan begitu masifnya berita yang derajat kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan, yang bertendensi provokasi melalui konten hoax di media sosial dan media konvensional, maka masyarakat sangat perlu untuk waspada dan berhati-hati, agar tidak terpancing provokasi yang justru mengakibatkan situasi dan keadaan hubungan kemasyarakatan menjadi rusak.

“Kita seluruh warga bangsa berkepentingan untuk menjadi bangsa Indonesia dengan berkomitmen dan mengimplementasikan proses demokrasi yang beradab dalam membangun kesejahteraan rakyat yang berkeadilan,” tambah Baktinendra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top