Seni Bisa Menangkal Radikalisme

BANTUL, RakyatInfo.com – Pendidikan seni bisa menangkal penyebaran paham radikalisme. Sebab, menurut Ismunandar, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belawan) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemerintekdikti), Seni memiliki peran besar dalam kehidupan sosial dan menumbuhkan toleransi. 

Ismunandar mengatakan itu usai menghadiri Dies Natalis Institut Seni Indonesia (ISI)Yogyakarta ke 35 atau Lustrum Ke 7 di auditorium kampus setempat, kemarin. Menurutnya, anggapan pendidikan seni menangkal radikalisme memang benar adanya. Karena seni memiliki peran besar dalam kehidupan sosial dan menumbuhkan toleransi dalam masyarakat.

Dikatakan, dengan adanya kebersamaan dan hadirnya sikap toleransi saat berkesenian kiranya tidak bisa didapatkan secara langsung melalui mata kuliah ataupun dokrin secara langsung. Dua nilai itulah yang dianggap Ismunanandar menjadi poin penting dalam penyebaran radikalisme yang beberapa tahun terakhir terus diwaspadai pemerintah.

Kesenian juga dipastikan memberikan manfaat dalam arti non-akademik dalam pengembangangan kesadaran estetika, kreativitas, pendedahan terhadap budaya yang ada sehingga melahirkan apresiasi terhadap keragaman dan harmoni sosial. ”Untuk membumikan kesenian hinga ke tingkat bahwa di tengah keberagaman budaya yang kita miliki, keberadaan institut seni merupakan pintu masuk,” katanya.

Dengan luasan wilayah yang cukup luas, kehadiran empat Institut Seni Indonesia (ISI) dan empat Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) dinilai kurang ideal. Karena itulah Kemeristedikti mendorong kehadiran institut seni di daerah yang merupakan hasil kerjasama institut yang ada dengan pemda.

”Saat ini sedang dalam pengembangan ISBI baru di Sulawesi Selatan yang dikerjasamakan dengan ISI Surakarta dan ISBI di Kalimanatan Timur hasil kerjasama dengan ISI DIY,” jelasnya.

Oleh karena itu, dakam upaya pemerataan Kemenristekdikti meminta Pemda aktif dalam pengadaan sekolah seni, mengingat keberagaman budaya di Indonesia adalah karunia yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Sumber: https://www.suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *