TGB Ingatkan Pentingnya Menjaga Persaudaraan

Saat menjadi khatib di Masjid Tegal Sari, Solo, Jawa Tengah, TGB HM Zainul Majdi mengajak masyarakat memakai persaudaraan. Karena menghindari fitnah, karena itu menjadi dasar kerukunan antarumat. 

“Dan ingatlah, perintah ini berlaku untuk kita semua. Pada saat bermigrasi, kemudian Allah mendekatkan hati kalian. Kalian semua bersaudara dengan nikmat Allah,” kata Ketua Ikatan Alumni Ikatan Al-Azhar Indonesia TGB HM Zainul Majdi dalam pertanyaan yang dimintanya sesuai permintaan Gatra. com , Jumat. (19/7).

Mantan Gubernur NTB periode ini menceritakan, sejarah Piagam Madinah menjadi komitmen untuk menyetujui Madinah. Islam membahas peradaban, ekonomi (pasar) dan mengatasi persaudaraan Muhajirin dan Ansor.

“Dalam Islam, dilarang melisensi persaudaraan, dilarang rusak,” tegasnya.

Dalam Surah An-Nur, ada sepuluh ayat membahas berita bohong. Intinya, berita bohong dan fitnah akan melaporkan dan merusak persaudaraan.

Fitnah ada beragam jenis seperti hujatan, ghibah, dan umpatan. Ghibah diumpamakan seperti ikut bangkai saudaranya sendiri. 

“Jangan melakukan itu [butuh bangkai], bayangkan saja sulit,” ucapnya.

Menurutnya, Warga Indonesia yang menyebarkan beragama Islam, masih kerap menyebarkan ghobah, umpatan, dan hujatan. Pembunuhan, persaudaraan menjadi renggang. 

“Karena fitnah, berupa ucapan yang merusak,” tandasnya.

Editor: Annisa Setya Hutami
Sumber : https://www.gatra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *