Bimas Katolik Kemenag Adakan Dialog Kerukunan Umat Beragama Katolik Provinsi Sulut dan Gorontalo

RakyatInfo.com – Dialog Kerukunan Umat Beragama Katolik Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo dibuat 16 sampai dengan 19 agustus 2019 di Hotel Maqna Gorontalo. Empat peserta dari Provinsi Sulut dan 40 dari Gorontalo mengikuti kegiatan tersebut.

Fransiskus Endang atas nama Dirjen bimas katolik RI membuka pertemuan itu.

“H. Hamka Arbie selaku PLT Kakanwil Agama Provinsi Gorontalo memberikan laporan tentang potret kerukunan umat beragama yang sangat baik di Gorontalo,” kata Fongky Ponomban Penyelenggara Katolik Kemenag Bitung, Minggu (18/8/2019).

Peserta lalu mendapatkan materi dari Pastor Maxi Ignatius Manewus pr. Ia memberikan materi tentang Management pengelolaan umat paroki.

“Menurut pastor sekarang sudah ada dua paroki yakni paroki Kristoforus Gorontalo dan paroki Theodorus Kaaruyen,” kata Fongky.

Selanjutnya pastor Damianus Pongoh pr yang juga ketua komisi Hak Keuskupan Manado, memberikan materi tentang sikap gereja Katolik dalam dialog kerukunan antar umat beragama. Pastor yang juga belajar Islamologi ini memberikan materi tentang peranan tokoh agama dalam membangun kerukunan.

“Selanjutnya dari Bimas Katolik pusat Kabid Urusan Agama Katolik Drs. FX Rudy Andrianto, MPd berbicara pembangunan dibidang agama. Peserta diharapkan senantiasa membangun kerukunan antar umat beragama di provinsi Gorontalo dan Sulut,” katanya.

Selanjutnya ada dialog tanya jawab penyuluh non PNS. Ada 10 orang di provinsi Gorontalo. Hari ini, Minggu (18/8/2019) ada juga ada misa kudus yang dihadiri peserta dan umat paroki di gereja Paroki Santo Kristoforus Gorontalo.

Sumber: tribunmanado.co.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *