Menko Polhukam Serukan Jaga Persatuan Indonesia

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengingatkan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan sesuatu hal yang didapat secara instan dan mudah, melainkan melalui perjuangan yang berat dari para pahlawan kemerdekaan dan pendiri bangsa Indonesia.

“Sebentar lagi kita akan rayakan HUT ke 74, mengapa kita merayakan HUT 74 RI, merayakan ini punya makna satu yang harus kita dipahami bahwa Indonesia merdeka bukan begitu saja diberikan oleh penjajah atau belaskasihan tapi adanya perjuangan tak kenal lelah yang telah korbankan ribuan bahkan jutaan pahlawan-pahlawan kita yang tersebar di seluruh nusantara,” kata Wiranto di kantornya, Selasa (13/8/2019).space iklan

Di samping itu, Wiranto juga menuturkan bahwa perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia dari tangan para penjajah juga tak lepas dari semangat persatuan. Dan persatuan ini yang mengakibatkan para pahlawan terus berjuang dengan cara bergotongroyong tanpa membedakan suku, agama ras dan golongan masing-masing.

“Kemerdekaan itu bisa terwujud karena kita bersatu sebagai bangsa, berbagai suku agama golongan masyarakat dan kita bersatu padu berjuang melawan penjajah dan akhirnya kita merdeka,” tuturnya.

Karena hal itulah, Wiranto menekankan bahwa persatuan antar sebangsa dan setanah air menjadi kunci bahwa Indonesia bisa merdeka dan dirasakan sampai saat ini.

“Persatuan adalah basis utama mencapai kemerdekaan. Ada ukhuwah kebersamaan kita, ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah,” imbuhnya.

Dan karena semangat kebersamaan untuk mencapai kemerdekaan inilah dalam salah satu sila di Pancasila tertuang Persatuan Indonesia. Dan kata Wiranto, sila ketiga di Pancasila ini adalah kunci bagaimana Indonesia mampu berdiri menjadi negara yang merdeka, dan ini pula adalah cita-cita para pendiri bangsa agar rakyat Indonesia selalu memelihara persatuan.

“Pada saat kita merdeka dan kita tetapkan pancasila sebagai ideologi negara, makanya ada sila adalah Persatuan Indonesia. Tanpa persatuan, kita tidak bisa membangun negara ini,” tegas Wiranto.

“Para founding fathers mengingatkan kita bahwa persatuan itu harus dijaga baik-baik agar negeri ini bisa berkompetisi dengan negara lain,” tutupnya.

Source : inisiatifnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *