Pembangunan Luar Jawa Dikebut demi Pemerataan Ekonomi

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan dukungannya terhadap pembangunan negara. Hal ini dalam rangka merealisasikan pembangunan yang merata di seluruh Indonesia.

Melansir akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (7/10/2019), PUPR berkomitmen untuk mendukung pembangunan yang merata di seluruh Indonesia. Dukungan ini tentunya agar nantinya pembangunan dapat mengarahkan pada pertumbuhan ekonomi yang baik pula.

“Guna pemerataan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia, Kementerian PUPR berkomitmen mendukung pengembangan kota-kota di luar Jawa,” dikutip di instagram Kementerian PUPR.

Saat ini, beberapa daerah di Indonesia, khususnya di luar Pulau Jawa sedang difokuskan pembangunannya. Pembangunan kota-kota di luar Pulau Jawa bertujuan untuk melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Adapun daerah yang difokuskan berjumlah sebanyak enam kota. Keenamnya meliputi seluruh pulau yang ada di Indonesia, kecuali Jawa, yaitu Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Denpasar, serta Ibukota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

PUPR menegaskan bahwa yang menjadi pondasi pembangunan saat ini didasarkan pada prinsip Indonesiasentris. Salah satunya dalam percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini tentunya menjawab anggapan masyarakat selama ini bahwa pembangunan Indonesia bersifat Jawasentris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *