Wilayah Sulawesi Aman Jelang Pelantikan Presiden RI, Pangdam-Kapolda Sulsel: Jangan Terlena

RAKYATINFO.COM, MAKASSAR – Menjelang pelantikan presiden dan Wakil Presiden, menjelang 20 Oktober dipastikan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) aman.

Keamanan tersebut dijamin Kodam XIV Hasanuddin dan Polda Sulsel, saat upacara gelar pasukan, Kamis (17/10/2019) pagi.

Upacara gelar pasukan dipimpin Kapolda, Irjen Mas Guntur Laupe bersama Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi.

Pangdam Surawahadi pastikan, di wilayah Sulsel, Sulawesi Tenggara (Sulteng) serta Sulawesi Barat (Sulbar) dijamin aman.

Pasalnya, proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berlangsung aman lancar. Tapi diharapkan tidak terlena dengan itu.

“Ini tahapan baik, namun kita tidak boleh terlena dengan itu. Karena tidak menutup kemungkinan perubahan kondisi,” katanya.

Menurutnya TNI Polri tidak boleh terlena, karena ditahapan pelantikan Presiden ini bisa jadi ada coba manfaatkan situasi ini.

Untuk itu, anggota TNI Polri selalu dalam kondisi siap siaga. Karena ada kelompok yang mencoba menggagalkan pelantikan.

“Situasi seperti ini kita tidak boleh lengah dan terlena, kesiap siagaan itu perlu ada. Agar proses ini lancar,” jelas Surawahadi.

Untuk itu juga, Surawahadi menyebutkan khusus prajurit TNI diturunkan sebanyak 12.450 wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar.

Jumlah itu terbagi tiap wilayah seperti di Kodim 1408 Makassar, Korem 141, Korem 142 dan Korem 143, dan tiap-tiap Kodim.

“Rencana ini sudah saya perintahkan ke semua jajaran. Nanti kami perbantikan ke Polda jika dibutuhkan,” ujar Surawahadi.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe menyebutkan, personil Polri yang disiapkan kurang lebih 2500 personil.

Personel kepolisian itu nanti, dibantu dari Satua Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan pihak terkait untuk menjaga keamanan.

“Saya kira kalau sudah seperti ini tidak ada potensi kerawanan di Sulsel khususnya di Makassar, semua aman,” ungkap Laupe.

Kata Irjen Laupe, memanh pelaksanaan pelantikan Presiden di Jakarta. Tetapi hal ini jadi pertimbangan pada setiap daerah.

“Ini diseluruh wilayah provinsi diseluruh Indonesia. Ini tentunya antisipasi terhadap ancaman-ancaman,” tambah Irjen Laupe.

Pada apel gelar pasukan ini, hadir Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Pangkoopsau II, Danlantamal VI Makassar.

Kabinda Sulsel, Kasdivif 3 Kostrad, Sekda Kota Makassar wakili Walikota Makassar dan para pejabat utama TNI Polri. 

Sumber: tribunnews.com
Editor: Suryana Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *