Beragam Etnis Kompak Bersatu dan Ciptakan Kerukunan di Lampung Timur

RakyatInfo.com – Beragam etnis di Lampung Timur yaitu Lampung, Jawa, Batak, Sunda, Minang, Bugis, Palembang, Bali, Banten dan Tionghoa, kompak bersatu dan berikrar menciptakan kerukunan serta keharmonisan di Bumei Tuwah Bepadan.

Ikrar tersebut diucapkan saat Festival Kebangsaan yang dihadiri ribuan orang dari berbagai unsur di Pelataran Wisata Kali Jodo Desa Nibung, Kecamatan Gunung Pelindung, Sabtu (16/11/2019).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lampung Timur, Syahrul Syah, mengatakan festival kebangsaan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat bahwa NKRI memiliki ciri khas kebinekaan, ras, suku, budaya dan agama.

“Serta bertekad untuk menjadi satu bangsa, satu tanah air, dan satu Bahasa Indonesia. Melalui kegiatan ini kita ciptakan kerukunan, harmonisasi kehidupan antar etnis di Kabupaten Lampung Timur,” kata Syahrul.

Pada acara tersebut juga dilakukan prosesi pengukuhan angkat saudara serta pembacaan dan penandatanganan deklarasi persaudaraan oleh 10 etnis.

Sementara itu, Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari berharap dengan telah dilakukannya ikrar antar etnis itu kedepan seluruh masyarakat yang ada di Lampung Timur dapat saling bersatu membangun Bumei Tuwah Bepadan.

“Tadi telah kita saksikan bersama bahwa semua etnis yang ada di Lampung Timur telah bersumpah baik secara adat keratuan melinting maupun dengan adat istiadat kita dan semua etnis yang ada bahwa kita telah berikrar untuk bersatu bersama-sama membangun Lampung Timur ini kedepan lebih baik,” kata Zaiful.

Pada festival kebangsaan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan berbagai macam kesenian dari beragam etnis yang ada.

Dalam kesempatan itu, turut hadir mendampingi Zaiful Bokhari di antaranya Sekretaris Daerah Syahrudin Putera, Forkopimda, Forkopimcam se-Lampung Timur.

Sumber : https://www.lampung77.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *