Indonesia Bakal Bangun Bandar Antariksa Pertama di Papua

JAKARTA, RakyatInfo.com – Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin mengungkapkan bahwa pemerintah memiliki rencana untuk membangun Bandar Antariksa di Pulau Biak, Papua. Rencana tersebut saat ini tengah disiapkan dan diharapkan terwujud dalam 25 tahun mendatang.

Dikutip dari laman resmi LAPAN, Kamis (14/11/2019) sebelumnya LAPAN telah melakukan penelitian untuk menentukan lokasi bandar antariksa, di antaranya Pulau Enggano, Pulau Nias, Pulau Morotai, dan Pulau Biak.

“Dari beberapa lokasi tersebut yang memenuhi persyaratan teknis sebagai lokasi pembangunan bandar antariksa salah satunya adalah pulau Biak, Desa Soukobye, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Pulau Biak memiliki keunggulan kompetitif yaitu sangat dekat dengan ekuator atau garis khatulistiwa, di mana terletak pada titik koordinat 0º55?-1º27? Lintang Selatan (LS) dan 134º47?-136º48 Bujur Timur (BT),” ungkap Thomas.

Dia juga melanjutkan bahwa lokasi Pulau Biak sangat baik untuk meluncurkan Roket Peluncur Satelit (RPS) ke Geostationary Earth Orbit (GEO) dan berdampak positif pada penghematan penggunaan bahan bakar roket ketika peluncuran.

Thomas juga berharap bahwa pembangunan bandar antariksa skala kecil dengan ukuran 100 ha (1 km2) diharapkan pada tahun 2024 sudah dapat dipergunakan untuk kegiatan uji terbang peluncuran roket-roket skala kecil.

Thomas juga menginformasikan bahwa pembangunan bandar antariksa merupakan amanat dari Undang-undang No. 21 tahun 2013 tentang keantariksaan dan Peraturan Presiden No.45 tahun 2017 tentang Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan 2016-2040.

Dengan ditetapkan peraturan tersebut, maka program LAPAN untuk mewujudkan kegiatan peluncuran wahana antariksa untuk mengorbitkan satelit semakin jelas.

Sumber : https://krjogja.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *