Pancasila Jadi Kaidah Pemerintah Tangani Pandemi Corona

JAKARTA – Gubernur Lemhanas Agus Widjojo mengatakan Pancasila mengatur subtansi nilai yang menyatukan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Aspek Pancasila jadi kaidah pemerintah dalam menangani pandemi. Kita bisa atasi pandemi hanya kita ejahwantahkan nilai Pancasila deban bagiamama pandemi ini tidak hanya serang Indoensia, tapi negera di dunia, tidak terkecuali negara besar dan maju,” ujar Agus Widjojo, Senin (1/6/2020).

Nilai-nilai dalam Pancasila, juga tertuang dalam kearifan lokal, salah satunya gotong royobg dan kebersamaan. “Nilai-nilai kearifkan lokal bukan hanya tunjukan gotobg royong tapi penyelenggaraan fungsi pemerintahan mewujudkan ketahanan nasional sebagai upaya mengatasi tantangan,” imbuhnya.

Di samping itu, dirinya juga tidak melupakan kerja keras yang terus dilakukan tenaga medis dalam menangani covid-19. Karena itu, ia mengingatkan pada seluruh masyarakat agar tidak tertular corona.

“Tidak sedikit yang mengorbankan harta berharganya. jiwa dan raga,” ujarnya.

Karena itu, dirinya mengingatkan pada masyarakat umum bisa turut menyumbang, setidaknya dengan tetap tinggal di rumah, jaga kebersihan, dan menghindari kerumunan.

“Pandemi memang tidak mudah. Bahkan, kita harus siap-siap berdampingan covid-19 dalam satu hingga dua tahun. bahkan puncak pandemi tidak bisa hidup kembali seperti masa lalu, kita pakai masker, tidak bisa bersentuhan dan sering cuci tangan,” kata Agus.

Pemeirntah, sambungnya, telah berusaha melalui PSBB, isolasi lokal, dan larangan mudik untuk mencegah penyebaran dan bantuan untuk ekonomi masyarakat yang terdampak.

Semua upaya tersebut, kata Agus, tentu tidak ada artinya tanpa dukungan dari seluruh pihak. “Karena berhasil atau enggaknya tergantung usaha kita yang bangun daya tahan tubuh sebagai titik awla ketahanan nasional. Mari kita bantu ketahanan nasional untuk segea pulih dari ancaman Covid-19,” tandasnya.

Source: nasional.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *