Masyarakat Diminta Gotong Royong Menghadapi Pandemi Covid-19

Kementerian Sosial (Kemensos) berharap setiap elemen masyarakat punya semangat membantu sesama di tengah pandemi virus korona (covid-19). Khususnya dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi yang membutuhkan.

“Jati diri kita bangsa Indonesia dan nilai luhur bangsa Indonesia itu gotong royong. Jadi kita tidak bisa juga (menyatakan) bahwa seluruhnya harus dilakukan oleh pemerintah,” kata Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam program NewsMaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, Kamis, 9 Juli 2020.

Juliari mengajak setiap elemen masyarakat ikut berkontribusi dalam upaya semisal program bansos atau jaring pengaman sosial. Perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun lembaga non-pemerintah yang memiliki sumber daya kuat, diharapkan jadi pelopor meringankan beban para warga yang terdampak covid-19.

“Dengan demikian kita akan lebih cepat keluar dari pandemi ini,” ujar Juliari.

Kendati demikian, pemerintah tetap menjadi garda terdepan dalam upaya pengerahan bansos. Juliari menegaskan anggaran untuk penanganan covid-19 telah disiapkan untuk bisa dinikmati warga.

Anggaran Kemensos senilai Rp104 triliun untuk penanganan pandemi dipastikan terserap sepenuhnya. Intensitas penggunaan anggaran juga dipercepat.

“Jadi tentunya pemerintah yang terdepan, itu memang sudah tanggung jawab kami. Bahwa pemerintah memang harus memimpin perang melawan pandemi dengan segala sumber daya yang dimiliki, anggaran segala macam lah dikerahkan,” ujar Juliari.

Sumber: medcom.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *