Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Diperkokoh

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sudah final untuk ditanamkan dan diamalkan setiap warga negara. Merealisasikan hal itu, payung hukum pembinaan ideologi Pancasila yang berkesinambungan untuk memperkuat nasionalisme diperlukan.

Guru Besar Fakultas Universitas Padjadjaran (Unpad) Romli Atmasasmita menyebut pembinaan ideologi Pancasila (PIP) perlu diatur dalam undang-undang (UU). Dengan begitu, penanaman nilai-nilai Pancasila bukan sekadar sosialisasi dan imbauan.

Romli mengatakan pembinaan Pancasila mutlak dilakukan setiap warga negara, aparatur negara, hingga pemerintah. Pengaturan PIP dalam UU nantinya lebih fokus pada koridor pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Apalagi Pancasila adalah sumber dari segala hukum. Pembinaan Ideologi Pancasila penting diatur dalam UU,” kata Romli, Kamis, 9 Juli 2020.

Menurut dia, pengaturan PIP dalam UU harus memastikan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila tidak berpengaruh berbagai macam paham. Saat ini terkesan ada konflik pemikiran liberalisme dan marxisme, serta pengaruh kolonialisme yang antinasionalisme.

“Sehingga hukum yang akan diterapkan berdasarkan nilai Pancasila adalah yang mengutamakan perdamaian, musyawarah serta berbasis hukum adat,” jelas Romli.

Sumber: medcom.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *